4 tips memulihkan keuangan pasca lebaran ala Uda Wempy Dyocta Koto

4 Tips Memulihkan Keuangan Pasca Lebaran

Hingar bingar Lebaran telah usai, kini Anda akan kembali dihadapkan dengan rutinitas sehari-hari. Berbagai pengeluaran selama lebaran baik mudik, THR, dan sebagainya tentu saja akan banyak menguras kocek Anda. Nah berikut beberapa tips ampuh untuk memulihkan kembali keuanganmu pasca lebaran.

1. Periksa Keuanganmu Sekarang

Yang terpenting harus dilakukan adalah cek kondisi keuanganmu sekarang. ATM Rp49.250? Di dalam dompet Rp32.500? Dibawah tempat tidur Rp68.300? Mantan berhutang Rp320.000? Dengan itu Anda bisa menganalisis kebutuhan finansialmu saat ini dan yang akan datang. Mengetahui keadaan finansial akan membantu untuk merencanakan apa-apa saja yang bisa Anda proyeksikan ke depan.

2. Rencanakan Pengeluaran Pasca Lebaran

Setelah mengetahui kondisi finansial Anda, maka selanjutnya Anda harus memetakan pengeluaran apa saja yang harus segera di bayar. Misalkan untuk kos bulanan, cicilan bulanan atau lainnya. Dengan mengetahui pengeluaran yang dibutuhkan Anda akan siaga dengan segala kemungkinan.

3. Prioritaskan Kebutuhan

Andalah yang mengetahui apa yang benar-benar Anda butuhkan. Prioritaskan membeli atau mengeluarkan uang untuk sesuatu yang Anda butuhkan bukan yang Anda inginkan. Ingat, keadaan keuangan Anda sedang tidak stabil, maka pandai-pandailah mengatur diri. Potong rambut? Batal. Makan malam di food court dengan teman? Jangan. Bensin mobil? TransJakarta aja. Pulsa? Wifi gratis dekat Starbucks dan McD aja. Hey Jomblo!

4. Beri Batas Pengeluaran

Hemat pangkal kaya. Hemat bukan berarti pelit (Hey urang awak!) selama Anda masih bisa berhemat mengapa harus berfoya-foya. Anda bisa mematok jumlah pengeluaran Anda setiap hari baik untuk makan dan kebutuhan lainnya. Dengan memberi batas pengeluaran, maka keuangan Anda bisa kembali pulih pasca lebaran.

Jika semua tips tersebut sudah Anda laksanakan, Anda bisa mengatur keuangan Anda yang lebih stabil pasca lebaran.

Bismillah untuk kita semua!

 

Ingin Update berita dan info terkini tentang sumatra utara dan medan ? SIlahkan kunjungi www.infosumutnews.com ( Media Aspirasi Warga).

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*