Selain Uang dan Yakin, Memiliki Mental Baja Juga Merupakan Modal Awal Berbisnis

Jack ma berkata

Untuk menjadi seorang pebisnis yang sukses memerlukan kerja keras dan keyakinan. Pada umumnya, banyak orang yang siap menjadi pemenang namun tidak pernah untuk menyempatkan diri untuk memupuk mental baja pada dirinya dalam menghadapi kekalahan dan kegagalan.

Bagi seorang pebisnis, langkah awal yang harus dimiliki sebelum memasuki dunia penuh persaingan ini adalah melatih mental agar siap dalam menghadapi setiap resiko yang ada. Karena setiap keputusan yang diambil dan setiap pilihan yang dijalani dapat menjadi penentu, akan seperti apa kelanjutan bisnis yang sedang digeluti.

Baca Juga: 5 pola pikir milyader yang patut ditiru

Bahkan, seorang pebisnis sukses pernah mengatakan “Saat memutuskan mendarat ke belantara bisnis, pastikan Anda telah menyiapkan keberanian, pisau, senapan dengan banyak amunisi dan bekal yang cukup. Karena kita tahu pasti disana berbagai macam kebuasan telah menanti”.

Hal tersebut menunjukkan bahwa bisnis itu kejam, bahkan terjun ke dalam dunia bisnis tidak lebih seperti terjun ke dalam dunia perang. Bila perlengkapan bertempur tidak memenuhi, maka tidak jarang banyak pebisnis yang harus mundur dan berakhir pada kegagalan yang menyakitkan, hingga tidak jarang para pebisnis yang gagal tersebut sulit untuk bangkit kembali.

Oleh sebab itu, diperlukan planning bisnis yang matang sebelum terjun ke dalamnya. Sekalipun hal yang dijalani terlihat mudah, sangat disarankan untuk menyiapkan langkah antisipasi sebelumnya.

Elon Musk, seorang pendiri Tesla mengatakan bahwa “disini, gagal adalah pilihan, jika sesuatu tidak gagal, berarti anda kurang berinovasi. Anda sedang mengalami kegagalan? Jangan sedih karena anda tidak sendirian”.

Bahkan seorang Elon Musk, menilai sebuah kegagalan sebagai bagaian dari improvisasi. Layaknya keberhasilan yang dapat diraih dalam berbisnis, begitu pula dengan kegagalan yang siap sedia selalu mengintai. Oleh sebab itu, takut gagal hanya akan membuat bisnis dijalani jalan ditempat atau bahkan dapat mengalami kemunduran. Karena takut terhadap kegagalan menyebabkan takutnya seorang pebisnis melakukan inovasi dan mengambil keputusan yang beresiko terhadap bisnisnya.

Padahal, mungkin saja keputusan beresiko tersebut, dapat membawa bisnisnya pada jalan kesuksesan. Maka, sebelum bisnis dimulai, para pebisnis harus menyiapkan mental sekuat mungkin sebagai modal awalnya. Nasihat dari Bong Chandra “Salah bisa diperbaiki, gagal bisa diulangi, tapi menyerah berarti selesai. Kita boleh gagal tapi jangan sampai menyerah”. (Dhani)

 

 

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*