Aset Psikologi Yang di Miliki Oleh Tokoh Sukses Dunia

Semoga sahabat semakin happy ya menjalani kehidupan ini !?

Seorang profesor psikologi di Universitas of Pennsylvania bernama Angela Duckworth melakukan serangkaian penelitian. Dia melakukannya pada sekian banyak tokoh-tokoh teladan sukses dari beragam bidang.

Profesor Angela meneliti sistem pendidikan yang dijalankan di kampus Akademi Militer Amerika Serikat di West Point. Mulai dari cara perekrutan kandidat taruna, pola seleksi selama menjalani latihan di dalam kampus Akademi Militer hingga meneliti alumni-alumni yang berhasil mencapai prestasi tertinggi.

Selain melakukan penelitian di bidang militer, Profesor Angela Duckworth  juga meneliti para akademisi, pebisnis sukses, atlet ternama dan orang-orang yang menonjol dan menjadi teladan di bidang-bidang lainnya.

Dari hasil penelitiannya, Profesor Angela Duckworth membuat daftar kesamaan karakter, sikap, sifat dan  segala hal yang menjadi modal kesuksesan  para tokoh tersebut.

Dari hasil penelitiannya, Angela Duckworth mengungkapkan bahwa ada empat aset psikologi yang dimiliki oleh para teladan sukses itu. Keempat aset psikologis itu adalah:

MINAT PADA BIDANG YANG DIPILIH

Tokoh-tokoh sukses itu memiliki ketertarikan yang luar biasa pada bidang yang ditekuninya. Rasa ingin tahu pada bidang yang mereka pilih, mirip seperti besarnya rasa penasaran dan keingintahuan yang dimiliki anak-anak kecil.

Meskipun mereka memiliki minat yang besar pada suatu bidang, bukan berarti tidak ada sisi yang tidak mereka sukai. Jika mereka ditanya apa yang tidak mereka suka pada bidang profesi dan yang mereka tekuni itu, mereka tetap bisa menyebutkan hal-hal tersebut. Sama seperti saat ditanya tentang mengapa menyukai bidang profesi yang menarik minat mereka.  

Perbedaannya adalah, tokoh-tokoh sukses itu menerima dan memberikan toleransi pada sisi yang tidak disukai.  Mereka tetap mengerjakannya dengan tekun jika hal itu menjadi syarat sampainya mereka pada target yang ingin mereka capai. Mereka mencintai apa yang mereka kerjakan.

Baca Juga: Yuk Manfaat kan Kaum Rebahan untuk perkembangan bisnis mu

KAPASITAS UNTUK BERLATIH

Para teladan sukses itu memiliki kegigihan, ketabahan dan disiplin diri untuk berlatih setiap hari. Mereka mengasah kemampuannya secara rutin setiap hari agar kemampuannya tumbuh lebih baik dari waktu ke waktu. Konsisten selama beberapa jam sehari, berhari-hari, berminggu-minggu, bertahun-tahun tanpa cepat berpuas diri.

Mereka tidak berhenti hanya sampai di titik aman. Mereka terus berlatih melampaui setiap tantangan yang ada. Ketekunan dan ketabahan dalam mengasah kompetensi menjadi salah satu aset utama modal kesuksesan mereka.

TUJUAN

Orang-orang sukses itu memliki tujuan yang jelas. Minat tanpa tujuan mustahil bisa dipertahankan. Mereka yakin jika apa yang diperjuangkan itu adalah hal yang sangat penting untuk hidup mereka. Sebagaimana mereka juga yakin jika bidang yang mereka tekuni itu akan member manfaat luas dan penting untuk orang lain.

Ketertarikan mereka pada bidang yang mereka minati, tidak berhenti hanya di tingkat menyukai. Namun ada tujuan besar yang ingin mereka capai. Dengan panduan tujuan yang jelas, mereka tekun dan tabah melatih diri. Minat mereka tumbuh terus berkembang seiring meningkatnya kemampuan mereka.

HARAPAN

Harapan adalah sesuatu yang membuat manusia terus bangkit dari kegagalan yang dialaminya. Dalam setiap tahapan penempaan diri, hadirnya harapan membuat mereka kuat menjalani proses menuju kesuksesan.

Baca Juga: 19 detik , yang mengubah pola bisnis dunia

Mulai dari awal hingga akhir. Terus melangkah meskipun berkali-kali bertemu kesulitan dan jatuh tersungkur. Mereka terus bangkit mengejar tujuan dengan minat dan rasa ingin tahu yang terus tumbuh dan berlatih dengan disiplin diri yang konsisten

Keempat aset psikologis yang menjadi kesimpulan hasil penelitian Profesor Angela Duckworth itu bisa menjadi pedoman yang bisa kita teladani.

Untuk meneladani tokoh-tokoh sukses tersebut, kita perlu menemukan bidang apa yang paling kita minati, dan menentukan tujuan jelas yang ingin kita capai. Diiringi dengan disiplin melatih diri terus menerus dari waktu ke waktu untuk meningkatkan kompetensi. Sambil terus menyalakan harapan agar kita tabah melalui segala macam rintangan yang ada.

semoga ulasan “Aset Psikologi Yang di Miliki Oleh Tokoh Sukses Dunia” menambah wawasan kita ya…

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*