Ini Sikap Yang Harus Dimiliki Oleh Pemimpin Jika Ingin Di Senangi Bawahan

ciri ciri pemimpin yang di senangi bawahan

InfoBisnisMedan.net- Peran pemimpin semakin strategis dalam memajukan perusahaan ataupun organisasi, beruntunglah perusahaan ataupun organisasi yang memiliki pemimpin yang visioner, bijaksana dan dewasa dalam setiap tindakannya, fokusnya adalah kemajuan setiap individu dan organisasi yang dipimpinnya, bukan sekedar gagah-gagahan ataupun merasa menjadi manusia super karena jabatan yang diembannya, justru menjadi tanggung jawabnyalah untuk ,memajukan dan meningkatkan produktivitas organisasi beserta orang-orang di dalamnya.

Pemimpin yang bijaksana dan efektif tidak merasa gengsi untuk banyak mendengar dan menerima saran/masukan dari bawahannya, untuk kemudian mengambil tindakan-tindakan yang tepat dalam memperbaiki kinerja organisasi yang dipimpinnya.

Menjadi pemimpin yang bijaksana dan bisa mendengarkan masukan bawahan memang tidak mudah. Keadaan yang sering dihadapi pemimpin di dalam organisasi biasanya berkisar seputar masalah-masalah antar individu yang terkadang berperan menjadi atasan atau terkadang sebagai bawahan. Salah mengambil keputusan akan berakibat panjang bagi perusahaan dan bahkan dapat mematikan motivasi pegawai.

Mendengar dengar hati maksudnya mendengar dengan penuh perhatian dan kesungguhan kemudian menimbang informasi yang diterima serta tidak langsung mengambil kesimpulan dengan tergesa-gesa terhadap informasi yang diterimanya.

Didalam menyelesaikan masalah di kantor atau perusahaan pemimpin tidak boleh hanya mendengar dari satu pihak saja, pemimpin yang cerdas akan mengumpulkan informasi tidak hanya dari kedua belah pihak bahkan pihak-pihak lain yang tidak terlibat pun diminta juga saran dan pendapatnya sehingga penyelesaian masalah benar-benar mendekati solusinya.

Dan pihak-pihak yang terlibat juga dapat menerima keputusan dengan lebih legowo walaupun mungkin tidak 100% pas dengan kemauan mereka, yang penting mereka melihat ada keseriusan dan niat baik pimpinan untuk menyelesaikan masalah dengan adil.

Mari belajar dan berlatih menjadi pemimpin yang mendengarkan dengan hati agar anda semakin dicintai oleh para bawahan anda.

Baihaqi (Life Optimizer)

demikian ulasan “Ini Sikap Yang Harus Dimiliki Oleh Pemimpin Jika Ingin Di Senangi Bawahan” semoga menambah wawasan kita.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*