Jasa Event Organizer, Bisnis Yang Hampir Tanpa Modal Namun Hasilnya Maknyus

Tips Bisnis – Jasa Event Organizer, atau yang biasa disebut EO adalah sebuah bisnis yang mengorganize sebuah acara. Bahasa mudahnya adalah sebuah tim yang menjalankan bisnis untuk mengelola sebuah acara. Baik acara perkawinan, acara seminar, dan hingga acara besar seperti pameran yang beranggaran milyaran.

Saya sendiri sebagai pengelola blog ini mempunyai bisnis Jasa event organizer di medan dan aceh. tahun 2015 kebelakang saya mainkan jasa eo saya hingga hampir seluruh kota di indonesia seperti batam,bogor, jakarta, bandung, dan kota lainnya.

apa yang membuat jasa event organizer yang saya jalani bisa sampai di banyak kota ? apakah saya mempunyai milyaran untuk modal ? hmmm…. ga sama sekali, saya hanya bermodalkan INTERNET. lah kok bisa ?? iya sebagian besar event yang saya jalani, client nya saya dapatkan dari website saya.

Makanya saya bilang Jasa event organizer itu bisnis yang hampir ga ada modal, namun membuahkan hasil yang maknyus, puluhan hingga ratusan juta. kalau kelas berat sudah sampai M. Kalau saya sedang menuju yang M. hehehe doakan ya !!

jadi,ketika mau menjalankan sebuah event, lalu kita ga ada duit gimana mau jalan event nya ? Minta DP 50% dulu ke perusahaan yang mau buat event, baru kalian DP kan para vendor kalian dengan uang muka dan pelunasan minta termin waktu.

Maka oleh itu, jalani kerja sama dan hubungan erat yang baik dengan para vendor, itu sangat penting. Jika para vendor percaya sama kalian, ambil barang dulu bayar belakangan juga tidak apa apa. hahaha aku sudah model bayar belakangan kepada beberapa vendor karena mereka udah percaya sama aku.

LAlu Bagaimana Menjadikan Bisnis EO kita melejit OMSET nya ? tiga point ini menurut saya sangat penting untuk dilakukan, ini juga berdasarkan pengalaman yang saya jalani ya. silahkan anda jika ingin menambahkan. Apa saja point nya ?

1.OPTIMAL KAN DUNIA MAYA MU

Seperti pengalaman pengalaman saya memulai bisnis EO ini saya betul betul mengoptimalkan marketing melalui dunia maya. kalau saya melalui website dan facebook. terserah silahkan kalian pilih apa yang mudah untuk di jalani. Namun saran saya yang paling powerfull adalah website dengan dibumbui teknik SEO ( Search engine Optimization) jadi kalau orang mencari jasa event organizer di medan misalnya, muncullah website dan facebook mu.

Jangan lupa ketika anda telah membuat event untuk selalu menshare di website dan sosmed yang anda gunakan untuk mempromosi, itu untuk meyakinkan client jika anda ga cuma sekedar nama EO tapi ga pernah ngerjai projek.

2. BANGUN TIM

Buat lah tim mu setidaknya 2-3 orang untuk memperkuat jaringan, jangan lupa bagi tugas masing-masing agar tidak saling serobot dalam melakukan kerja. bicarakan pembagian bagaimana jika mendapat projek, supaya ga saling cemburuan.

3.PERBANYAK RELASI

main di dunia maya oke banget, tapi kalian jangan lupakan promosi dari mulut ke mulut ke teman, ke mertua,dan siapa saja, cetak kartu nama kalian lalu bagikan, jangan cuma jadi pajangan di dompet semata.

mengapa tetap memerlukan marketing di dunia nyata ? karena ga semua orang di indonesia sudah paham dan tau cara mencari sebuah jasa dan produk di internet. nah, berarti itu calon client mu di dunia nyata.

3 point ini adalah point yang sangat simple namun dapat membuat anda mendapatkan event yang banyak, serta kelebihannya branding anda akan lebih kuat karena anda aktif di dunia internet.

oiya, tips di atas hanya untuk anda yang tidak ada modal besar dan tak ada relasi yang banyak, jika anda telah mempunyai relasi yang banyak dan modal yang besar, saran saya anda juga harus tetap aktif di dunia maya.

bagi yang belum banyak relasi dan modal, anda jangan pesimis, karena dari internet saya menemukan relasi yang banyak. kenalan di internet, jumpa ngopi, jalin hubungan dan hingga jadi partner.

Tetap semangat dan KEEP FOOLISH & HUNGRY , jangan pernah merasa puas dengan apa yang telah di capai, karena di atas langit masih ada langit.

¬† “work hard pray hard”

untaian kata mungil yang sangat layak di amalkan di kehidupan kita sebagai penutup artikel kali ini.

Baca Juga:

15 tips sukses pitching di depan investor 

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*