Tips Jitu Memilih Travel Haji dan Umroh Anti Tertipu

tips-memlih-travel-umroh

Memilih travel haji dan umroh mutlak penting dilakukan agar perjalanan ibadah lancar. Saat ini menjalankan ibadah haji dan umroh adalah impian sebagian besar umat Islam di dunia. Apalagi di Indonesia, negara dengan mayoritas penduduk beragama Islam. Jarak yang terpisah ribuan kilometer dari Kota Mekkah, faktor kesehatan dan ketersediaan biaya menjadi pertimbangan utama.

Tidak heran jika ada begitu banyak jama’ah yang rela menabung bertahun-tahun demi untuk menunaikan ibadah haji dan umroh. Namun, beberapa kali kita mendengar berita tentang jatuhnya korban-korban penipuan penyelenggaraan ibadah haji dan umroh.

Sebenarnya ini tidak perlu terjadi jika para jama’ah mendapatkan informasi tips bagaimana memilih travel haji dan umroh yang terpercaya dan terjamin kualitasnya.

Ada begitu banyak travel haji dan umroh yang bisa dipilih oleh para jama’ah, untuk melaksanakan ibadah haji maupun umroh. Maka perlu dipahami bagaimana cara memilih travel haji dan umroh yang aman, nyaman, amanah, dan bebas dari penipuan.

Tips Memilih Travel Haji dan Umroh Anti Penipuan

Ada beberapa hal penting yang perlu anda ketahui agar ibadah anda lancar dan berkah. Beberapa diantaranya adalah :

  1. Pilih travel haji dan umroh resmi yang terdaftar di website resmi Kementerian Agama Republik Indonesia. (Bisa dicek di https://haji.kemenag.go.id/)
    Untuk menjadi penyelenggara ibadah haji dan umroh, terdapat banyak syarat yang perlu dipenuhi oleh pihak travel ini. Jika memenuhi syarat, maka Kantor Kementerian Agama akan menerbitkan Surat Keputusan ijin menyelenggarakan perjalanan ibadah haji dan umroh. Surat ijin ini harus diperpanjang tiap 3 tahun. Jadi, ingat selalu untuk menanyakan SK Penyelenggara Perjalanan Ibadah Haji atau Ibadah Umroh.

  2. Cek alamat kantor travel haji dan umroh.
    Pastikan alamat yang tertera pada informasi yang anda dapatkan tentang travel haji dan umroh ini sesuai dengan lokasi sesungguhnya. Akan lebih baik jika anda datang langsung ke kantor travel tersebut untuk memastikannya.

  3. Teliti baik-baik track record dari travel haji dan umroh tempat anda mendaftarkan rencana perjalanan ibadah anda.
    Di jaman informasi online seperti saat ini, informasi sangat mudah didapatkan dengan berselancar di dunia maya. Minta juga testimony/review dari keluarga, kerabat, kenalan dan jama’ah lain yang sudah pernah menggunakan travel haji dan umroh ini. Semakin banyak informasi yang anda dapatkan, semakin jelas deskripsi reputasi dari travel tersebut.

  4. Harga tidak menjadi standar yang dapat dipercaya.
    Begitu banyak calon jama’ah umroh/haji yang tertipu oleh travel haji dan umroh yang menawarkan biaya yang sangat murah, dengan konsekuensi waktu tunda keberangkatan. Mulai dari beberapa bulan hingga beberapa tahun. Begitu juga hindari travel haji dan umroh yang menggunakan skema MLM dalam mencari jama’ah. Pilih travel umroh yang memberikan kepastian jadwal keberangkatan. Tanyakan sedetail mungkin alokasi biaya yang anda perlukan, mulai dari biaya pesawat,  hotel, visa, asuransi, handling, paspor, suntik vaksin dan sebagainya. Catat baik-baik apa saja yang termasuk dalam biaya yang anda bayarkan, dan apa saja yang tidak tercakup dalam biaya tersebut.

  5. Minta informasi kejelasan tersedianya pembimbing saat melaksanakan ibadah haji/umroh.
    Tersedianya pembimbing ibadah sangat vital untuk ketertiban dan kelancaran ibadah para jama’ah. Pembimbing ibadah akan memandu pelaksanaan ibadah sekaligus membantu para jama’ah dalam memastikan kelancaran berkomunikasi selama di tanah suci. Pembimbing dan pendamping ibadah akan memudahkan para jama’ah dalam menggunakan fasilitas selama melaksanakan ibadah.

Semakin lengkap informasi dalam memilih travel haji dan umroh yang anda dapatkan. Berikut banyaknya review yang memberikan kejelasan reputasi travel haji dan umroh yang anda pilih. Semakin kecil kemungkinan anda terkena modus penipuan. Track record pelayanan dan reputasi travel haji dan umroh menentukan kelancaran ibadah anda. Untuk info lebih lanjut hubungi SABA TRAVEL 081260824185.

sekian artikel tips jitu memilih travel haji dan umroh anti tertipu, semoga menambah wawasan sahabat semua.

BACA JUGA: Impianmu ingin tercapai ? jangan CANCEL doa dan impia mu

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*